Segmentasi pasar adalah
kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda
yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar
bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan
menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara
pembeli di pasar.
1. Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar Dalam
penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu: 1.
Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen a. Variabel geografi,
diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim. b.
Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan,
pendidikan, dll c. Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup,
dan kepribadian. d. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang
dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada
produk.
2. Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri a.
Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi
geografis, dan banyaknya langganan. b. Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual,
ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan. 2. Syarat segmentasi
Pasar Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu : a. Dapat diukur
b.Dapat dicapai c. Cukup besar atau cukup menguntungkan d.Dapat dibedakan e.
Dapat dilaksanakan
3. Tingkat Segmentasi Pasar Karena pembelian
mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi
pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada
beberapa tingkat yang berbeda. a. Pemasaran massal Pemasaran massal berfokus
pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang
sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen. b. Pemasaran segmen
Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan
perilaku pembelian. c. Pemasaran ceruk Pemasaran ceruk (marketing niche)
berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group
yang didefiniskan dengan lebih sempit. d. Pemasaran mikro Praktek penyesuaian
produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi
tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran
individu.
4. Manfaat Segmentasi Pasar Sedangakan manfaat dari
segmentasi pasar adalah: a. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang
lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran. b. Penjual atau
produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang
berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada
berbagai segmen. c. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan
daya tarik pemasarannya
Menurut Multilingual
Demographic Dictionary, Demography is the scientific study of human
populations in primarily with the respect to their size, their structure
(composition) and their development (change). Yang jika diartikan dalam bahasa
Indonesia, kurang lebih artinya sebagai berikut : Demografi adalah ilmu yang
mempelajari penduduk (suatu wilayah) terutama mengenai jumlah, struktur
(komposisi penduduk) dan perkembangannya (perubahannya)
Sedangkan menurut Philip M Hauser dan Duddley Duncan (1959) mengusulkan definisi demografi adalah “Demography is the study of the size, territorial distribution and composition of population, changes there in and the components of such changes which maybe identified as natality, territorial movements (migration) and social mobility (changes of states). Yang dalam terjemahan Indonesia diartikan kurang lebih sebagai berikut “ Demografi mempelajari jumlah, persebaran, territorial, dan komposisi penduduk serta perubahan-perubahannya dan sebab-sebab perubahan itu yang biasanya timbul dari natalitas (fertilitas), mortalitas, gerak territorial (migrasi) dan mobilitas social (perubahan status).
Sedangkan menurut Philip M Hauser dan Duddley Duncan (1959) mengusulkan definisi demografi adalah “Demography is the study of the size, territorial distribution and composition of population, changes there in and the components of such changes which maybe identified as natality, territorial movements (migration) and social mobility (changes of states). Yang dalam terjemahan Indonesia diartikan kurang lebih sebagai berikut “ Demografi mempelajari jumlah, persebaran, territorial, dan komposisi penduduk serta perubahan-perubahannya dan sebab-sebab perubahan itu yang biasanya timbul dari natalitas (fertilitas), mortalitas, gerak territorial (migrasi) dan mobilitas social (perubahan status).
Dari kedua definisi diatas, disimpulkan (dapat disimpulkan) bahwa demografi mempelajari struktur dan proses penduduk di suatu wilayah. Struktur penduduk meliputi jumlah persebaran dan komposisi penduduk. Struktur penduduk ini selalu berubah-ubah karena disebabkan oleh proses demografi yakni kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas) dan juga adanya migrasi penduduk.
Sumber : Demografi umum , Prof Ida Bagoes Mantra, Ph.D
Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/2146728-definisi-dan-pengertian-demografi/#ixzz2CRkNlMpB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar