Minggu, 21 Oktober 2012

SUMBER DAYA KONSUMEN DAN PENGETAHUAN


1. Sumber Daya Ekonomi
               
Potensi sumber daya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayahtingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain.

Dalam era globalisasi, kualitas sumberdaya manusia yang handal akan sangat membantu suatu negara untuk memenangkan kompetisi atau persaingan dalam perekonomian global sekaligus dapat menjaga eksistensi negara tersebut dalam percaturan dan dinamika perekonomian dunia yang semakin kompetitif.

2. Sumber Daya Sementara

a. Barang yang Menggunakan Waktu :
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala mengkonsumsinya.
b. Barang Penghemat Waktu :
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.

3. Sumber Daya Kognitif
               
Sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata—skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya— dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme.

4. Pengetahuan Organisasi:

Pengetahuan Konsumen akan Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan konsumen mengenai hal-hal tersebut.

Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
a. Pengetahuan ttg karakteristik/atribut produk
b. Pengetahuan ttg manfaat produk
c. Pengetahuan ttg kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen.
d. Manfaat Fungsional, yaitu manfaat yg dirasakan konsumen secara fisiologis
e. Manfaat Psikososial, yaitu aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan konsumen setelah  mengkonsumsi suatu produk

Sumber :
http://kreator-dreamandaction.blogspot.com/2011/11/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar